Siapa Penemu Gergaji (pengetahuan)?





Lu Ban adalah orang jujur, waktu kecil hidup tidak bahagia. Dia pintar dan cekatan, terampil dalam menciptakan sesuatu. Ketika dia bekerja membuat pagoda Budha, di kota lain, dia membuat sebuah pesawat layang dari kayu.

Kemudian dia mencoba naik pesawat kayu tersebut dan terbang. Akhirnya, dia pun bisa sering-sering pulang kampung dengan naik pesawat kayu tersebut. Namun tidak ada orang yang tahu tentang hal tersebut. Hingga suatu saat, keluarganya mengetahui bahwa istri Lu Ban hamil.

Padahal, Lu Ban sedang bekerja dalam waktu lama di luar kota. Setelah didesak oleh mertuanya yang merasa curiga, maka istrinya menceritakan bahwa Lu Ban sering pulang dengan menggunakan pesawat layang kayu tersebut.

Ketika perang meletus, Lu Ban juga pernah membuat pesawat layang, dan mengunakannya untuk menyelidiki keadaan militer Negara Song. Selain pesawat layang kayu, dia juga menciptakan layang-layang, payung, gergaji, jembatan, dll.

(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Lu_Ban)
=======

Nah kalau gergaji tali seperti gambar di bawah siapa ya penemunya?


desaineramatir

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: